06 January 2014

Islamic Calendar : Tampilkan Kalender Hijriyah di Androidmu

Kalender Islam atau biasa kita sebut dengan kalender hijriyah memiliki kegunaan yang sangat besar dalam Islam, terutama dalam menentukan hari-hari besar Islam. Selain itu, banyak sekali ibadah-ibadah yang sangat terkait dengan sistem penanggalan ini, sebut saja puasa Ayyamul Bidh, atau puasa sunnah 3 hari pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan dalam kalender hijriyah. Kan bakal rugi banget kalau kita ninggalin puasa sunnah yang pahalanya seperti puasa setahun ini cuma gara-gara kita gak tahu kapan waktunya. 


Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ
Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Bukhari no. 1979)


Dan salah satu aplikasi android terbaik untuk kalender hijriyah adalah Islamic Calendar ini. Tampilan yang sangat menarik dari aplikasi ini sudah membuat nilai yang sangat lebih dibandingkan tampilan aplikasi sejenis yang umumnya "ala kadarnya". Aplikasi ini juga dapat menampilkan widget yang dapat dipasang di homescreen android kita, jadi gak perlu ribet membuka aplikasinya dulu untuk mengetahui tanggal hijriyah hari ini. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menampilkan fase bulan saat ini. Untuk lebih lengkapnya berikut fitur-fiturnya :
  • Melihat tanggal hijriyah dan masehi saat ini
  • Daftar peringatan hari Islam selama setahun
  • Konversi kalender Hijriyah-Masehi (pro version)
  • 8 pilihan tema yang cantik (pro version)
  • Fase bulan saat ini
  • Mode kalender bulanan (pro version)
  • Ayat dan hadits hari ini (dalam Bahasa Inggris)
  • Widget untuk menampilkan tanggal Hijriyah dan Masehi
Jadi aplikasinya berbayar? Ya, memang untuk menikmati semua fiturnya harus membayar sebesar $0,99. Tapi fitur gratisnya juga sudah cukup keren kok, terutama fitur widgetnya yang semakin mempercantik homescreen android kita.

Download :

Android4Dakwah

Cuma seorang pembelajar yang ingin terus belajar tapi tidak di bangku kuliah. Punya cita-cita mendirikan perpustakaan buku Islam terbesar di Indonesia

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 Android for Islam.

Designed by Templateify & Sponsored By Twigplay